Memontum.Com

pariwisata kabupaten jember

Dishub Kota Blitar Pasang Speaker Peringatan di Traffic Light

  • Kamis, 4 Januari 2018 | 00:16
  • / 16 Rabiul Akhir 1439
  • Dibaca : 38 kali
Dishub Kota Blitar Pasang Speaker Peringatan di Traffic Light
Salah traffic light di perempatan Panti Karya Kota Blitar yang akan dipasang Speaker peringatan pada kamera Closed Circuit Television (CCTV).

Memontum Blitar – Di 2018 ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar berencana memasang speaker pada kamera Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah traffic light di Kota Blitar. Speaker tersebut berfungsi untuk memperingatkan pengendara yang melanggar markah di traffic light. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, Priyo Suhartono.

“Pemasangan 13 unit speaker di sejumlah traffic light, sudah kami usulkan ada anggaran 2018 ini”, kata Priyo Suhartono, Rabu (3/1/2018).

Priyo Suhartono menjelaskan, speaker peringatan tersebut, akan terhubung pada kamera CCTV di sejumlah traffic light. Dan kamera CCTV nantinya dapat dipantau melalui ruang Area Traffic Control System (ATCS) di kantor Dishub Kota Blitar.

“Dengan adanya kamera CCTV, petugas dapat memantau perilaku pengendara di traffic light. Jadi bagi pengendara yang melanggar bisa diketahui,” jelas Priyo Suhartono.

Priyo menambahkan, jika ada pengendara melanggar di traffic light, petugas bisa langsung memperingatkan melalui speaker aktif yang terpasang di kamera CCTV. Dia mencontohkan, misalnya ada pengendara yang berhenti melebihi markah jalan, petugas bisa langsung menegur.

“Sistem ini memang tidak secanggih di Surabaya, tetapi setidaknya bisa menertibkan pengendara di jalan raya”, tandas Priyo.

Menurut Priyo, saat ini, jumlah kamera CCTV yang terpasang di sejumlah traffic light ada 21 unit. Dan untuk tahun ini, Dishub belum melakukan penambahan kamera CCTV lagi. Namun Dishub hanya akan menambah speaker pada kamera CCTV di traffic light.

Lebih lanjut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar menyampaikan, selain itu, di 2018 ini, pihaknya akan menambah PJU sebanyak 96 unit, penambahan rambu lalu lintas sebanyak 112 unit, dan lampu flashing sebanyak 2 unit.

“Untuk tahun ini, kamera CCTV nya belum ada penambahan”, pungkas Kepala Dinas Perhubungan Kota Blitar. (jar/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional