Memontum.Com

pariwisata kabupaten jember

Mahasiswa Amerika Belajar Budaya Indonesia ke Siswa SMPK YPK

  • Selasa, 16 Januari 2018 | 11:07
  • / 28 Rabiul Akhir 1439
  • Dibaca : 45 kali
Mahasiswa Amerika Belajar Budaya Indonesia ke Siswa SMPK YPK
Mahasiswa Messiah College belajar membatik didampingi siswa-siswi SMPK YPK 1. (rhd)

Memontum Kota Malang—
Sekitar 13 mahasiswa asing dari Messiah College, Pensylvania, Amerika akan berkunjung ke SMP Kristen YPK 1 di Jalan Kelud Malang, Senin (15/1/2018). Kedatangan mereka untuk menimba ilmu (workshop) tentang budaya nusantara Indonesia melalui pembelajaran singkat yang dibimbing siswa-siswi SMP Kristen YPK 1 Malang.

 Bermain angklung dengan lagu Gundul Pacul. (rhd)

Bermain angklung dengan lagu Gundul Pacul. (rhd)

Sementara, bagi siswa-siswi SMPK YPK 1 Malang, kedatangan mahasiswa asing sebagai media pembelajaran langsung berkomunikasi dengan native speaker yang dikemas dalam English Day bertemakan “School for life”. Dari tahun ke tahun, SMPK 1 YPK selalu membawa inovasi baru mengenalkan lebih banyak budaya.

“Agenda English Day ini merupakan kegiatan rutin di tahun keempat, setiap bulan Januari minggu kedua. Siswa-siswi SMP Kristen YPK 1 Malang ditantang mampu melayani tamu asing dalam berbahasa Inggris dalam 1 hari. Harapannya, selain siswa lancar berbahasa Inggris, siswa semakin meningkat nasionalismenya dengan mencintai budaya Indonesia, dan menambah pengetahuan potensi wisata sekitar,” jelas Grace Imelda, SS, MEd, MM, Kepala Sekolah SMPK 1 YPK Kota Malang.

Mencoba permainan dakon. (rhd)

Mencoba permainan dakon. (rhd)

Kedatangan 13 mahasiswa asing tersebut didampingi Jane Dormer, Profesor jurusan Pendidikan, sekaligus nahkoda kunjungan ini. Selain SMPK YPK 1, ada beberapa sekolah yang dikunjungi. Mereka disambut dengan tarian Gading Alit, yang kemudian diikuti para mahasiswa asing.

“Kami sering komunikasi, karena kebetulan Jane Dormer adalah dosen saya. Dan mahasiswanya diwajibkan untuk bisa mengajar berbahasa Inggris kepada anak-anak di sini dalam English as Foreign Language,” ungkap Grace.

Sementara, para mahasiswa asing tersebut belajar bermain angklung dengan lagu gundul pacul, batik ikat dan batik tulis, belajar wayang, dan menari. Disela-sela workshop, sebagian mahasiswa asing mencoba bermain dakon dan klompen beregu. Tak jarang mereka meralat atau memperbaiki ucapan siswa-siswi SMPK YPK 1 yang sedikit salah dalam berkomunikasi.

Tak hanya itu, siswa-siswi SMPK YPK 1 akan menjelaskan aksara jawa pada name tag tamu. Nama-nama tersebut diantaranya Julia Hansen, Alexis Shudhart, Eliza Lortie, Rod Dormer, Becca Hegman, Emily Stork, Amber Lehman, Jan Edward Dormer, dan lainnya yang telah ditulis dalam aksara jawa. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional