Memontum.Com

pariwisata kabupaten jember

Deklarasi KPU, Pilkada Keren Tanpa Money Politic dan Politik SARA

  • Rabu, 14 Februari 2018 | 16:51
  • / 28 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 23 kali
Deklarasi KPU, Pilkada Keren Tanpa Money Politic dan Politik SARA

Memontum Jombang—- Komisi pemilihan umum Kabupaten Jombang menggelar Deklarasi pilkada keren demi mensosialisasikan dan menekankan kepada masyarakat bahwa pilkada damai tanpa politik uang (Money Politic) dan politik sara (suku agama ras golongan), Rabu (15/2/2016).


Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Jombang, Nur Khasanuri, mengatakan deklarasi ini bertujuan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tegas menolak money politik dan politik sara, serta untuk memberi wawasan hukum bagi pelaku dan penerima money politik.

“Aturannya sudah jelas dalam UU pilkada terkait itu (Money Politik.red) dan itu melekat ke semua pihak tidak hanya partai, pasangan calon. Bahkan yang dikenai sanksi, sampai perorangan pemberi dan penerima, oleh karena itu deklarasi ini dilakukan,” ujar Nur Khasanuri.


Untuk mengatasi terjadinya hal itu, Bawaslu telah melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Selain anggota panwaslu yang disebar di seluruh kabupaten dan kecamatan se-Jombang dan juga ada Satuan Tugas Politik Uang (Money Politic) yang dibentuk selama penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah. Satgas ini untuk menindak pasangan calon dan kelompok pendukung yang kedapatan atau diduga membagikan uang kepada masyarakat yang kemudian akan didalami di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu).

“Pengawas pemilu telah kita sebar di kabupaten dan kecamatan sampai ke TPS-TPS untuk mengatasi hal itu. Manakala satgas mendapati money politik, satgas akan menghubungi kita terkait dengan temuan tersebut. Ini sebagai bentuk laporan yang kemudian akan kita tindaklanjuti dengan sentra gakkumdu yang ada di panwaslu Kabupaten Jombang,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, deklarasi tersebut diikuti oleh organisasi mahasiswa, organisasi pers dan tokoh masyarakat, deklarasi do awali dengan pembacaan sumpah penolakan terhadap money politik dan politik sara, kemudian dilanjutkan dengan aksi tanda tangan di Ringin Contong Jombang. (ham/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional