Memontum.Com

pariwisata kabupaten jember

Lomba Kebersihan Antar Kelas SDN Panggungrejo 4 Kepanjen, Tumbuhkan Budaya Bersih

  • Kamis, 29 Maret 2018 | 15:32
  • / 12 Rajab 1439
  • Dibaca : 64 kali
Lomba Kebersihan Antar Kelas SDN Panggungrejo 4 Kepanjen,  Tumbuhkan Budaya Bersih

Memontum Malang—– Lomba kebersihan antar kelas di sekolah dasar negeri Panggungrejo 4 Kepanjen Kabupaten Malang untuk membiasakan siswa hidup bersih dan sehat sejak dini sebagai bekal kelak hidup bermasyarakat. Effendi Nur Slamet, Ketua Panitia lomba kebersihan kelas SDN Panggungrejo 4, menjelaskan tujuan lomba kebersihan kelas untuk menjaga suasana belajar menjadi nyaman, mendukung kegiatan sekolah yang bersih dan mencetak wali kelas yang inovastif serta menghargai kreativitas siswa siswinya.

Peserta lomba kebersihan kelas SDN Panggungrejo 4 Kepanjen terdiri dari kelas satu ada dua kelas, kelas dua ada dua kelas dan kelas tiga ada tiga kelas dan kelas empat, lima dan kelas enam satu kelas. Penilaian dalam lomba kelas bersih ini, sesuai kriteria mulai dari kisi-kisi tentang kebersihan dan pengetahuan mengenai dampak hidup bersih kepada siswa dalam membangun kesadaran hidup budaya bersih.

Harapannya, dari lomba kebersihan kelas ini bisa memotivasi siswa agar hidup bersih bisa melekat dalam sanubari. Sehingga kelak setelah dewasa, budaya hidup bersih bisa terbawa.

Lilis, Kepala SDN Panggungrejo 4 Kepanjen, menambahkan bahwa tujuan lomba kebersihan kelas ini, untuk membangkitkan budaya bersih sejak usia dini dan sekolah dasar. Penanaman budaya hidup bersih sehat (PHBS) sejak dini, akan membawa pengaruh positif bagi internalisasi dan implementasi budaya kesehatan.

Budaya hidup bersih dan sehat bisa dipergunakan sebagai media pembelajaran hidup disiplin. Dimana orang tua dan wali guru kelas bisa menjadi teladan bagi anak didiknya. Paling utama bagi siswa dalam hidup bersih di sekolah dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan mencuci tangan sebelum makan dan minum.

“Salah satu contoh kecil budaya hidup bersih cuci tangan sebelum makan,” ujar Kasek Lilis. (met/yud)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional