Memontum.Com

pariwisata kabupaten jember

Berbulan-bulan Saluran PDAM Mati, Warga Dawuhan-Klakah Krisis Air Bersih

  • Kamis, 16 November 2017 | 14:36
  • / 26 Safar 1439
  • Dibaca : 142 kali
Berbulan-bulan Saluran PDAM Mati,  Warga Dawuhan-Klakah Krisis Air Bersih

 *Minta PDAM Segera Perbaiki.

Memontum Lumajang—Warga Dawuhan Desa Mlawang Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang Jawa Timur mengalami Krisis Air Bersih, hal ini karena saluran pipa PDAM yang masuk ke kampung tersebut mati sejak beberapa bulan yang lalu.

Sehingga untuk kebutuhan mencuci pakain, masyarakat melakukan di sungai yang kebetulan musim penghujan sehingga air sungai lumayan deras walau agak keruh warnanya.

Menurut Qodim warga dusun dawuhan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari warga sebagian beli air bersih bagi yang mampu, namun rata-rata Mereka bergotong-royong mengangkut air dengan menggunakan Gledekan dari tempat yang agak jauh.

“Bagi yang mampu ya beli, tapi rata-rata kita bersama-sama menggangkut air dari tempat yang agak jauh dengan menggunakan Gledekan,” katanya pada memontum.com Kamis (16/11/2017).

Gledekan merupakan gerobak dari kayu yang di pasang roda di bawahnya, dalam Sekali angkut bisa membawa sekitar sepuluh Jerigen air bersih dengan menggunakan tenaga tiga sampai empat orang untuk mendorong.

“Ya kita pakai alat se adanya, mudah-mudahan ada perhatian dari pemerintah,” terangnya.

Menurut Qodim dirinya bersama Warga yang lain sudah melaporkan tentang pipa PDAM yang airnya tidak mengalir, namun rupanya tidak ada penanganan serius hingga saat ini.

“Kita sudah melaporkan ke pihak PDAM tapi ya sampai saat ini tidak ada tindak lanjut, dulu mereka bilang sumber airnya kecil tapi sekarang musim hujan tidak mengalir juga,”Pungkasnya.(adi/yan)

1 Komentar

  1. PDAM Lumajang Jumat, 17 November 2017

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional